Peluang usaha cetak undangan pernikahan adalah salah satu usaha yang tergolong sangat besar, setiap tahun ada ribuan pengantin baru di kota anda. Siapa sih yang tidak membutuhkan undangan di hari bahagia nya.

Usaha cetak undangan pernikahan juga salah satu usaha percetakan yang memiliki peluang yang besar, modal yang minim, dan mudah untuk dijalankan. Anda tidak perlu membeli mesin percetakan undangan pernikahan untuk memulai usaha ini, dan anda tidak perlu memiliki keahlian yang tinggi untuk bisnis undangan pernikahan ini.

Salah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menjalankan usaha ini adalah kemudahannya. Usaha cetak undangan pernikahan ini bisa dimulai dari rumah atau tempat yang tidak terlalu besar (usaha cetak undangan rumahan), selain itu, anda tidak dituntut untuk mahir menggunakan aplikasi editing. Karena dalam usaha blangko undangan
pernikahan ini lebih banyak menyusun dan mengatur kata-kata saja, kemudian di print menggunakan blangko.

1. Mencari Vendor Blangko Undangan Pernikahan

Memulai usaha cetak undangan
pernikahan tentu anda harus tahu dimana tempat membeli blangko undangan. Dizaman teknologi saat ini, mencari vendor blangko undangan pun sangat mudah sekali. Anda hanya tinggal menyebutkan apa yang anda cari dan tempat anda tinggal, maka muncul lah toko yang menjual blangko undangan.

Toko penjual blangko undangan
pernikahan biasanya memiliki katalog undangan dengan ratusan desain undangan yang siap cetak, mereka biasa memberikan katalognya secara cuma-cuma atau dengan harga miring.

Katalog undangan pernikahan
pernikahan yang mungkin terkenal saat ini seperti merek ERBA, DGREEN, EVANUR, THARA, dll. Katalog blangko undangan yang diberikan biasanya ada dua jenis yaitu undangan Hardcover dan softcover.

Kami sedia Paket 4 Katalog Undangan pernikahan Blangko Kekinian Seharga Rp. 100.000

Undangan pernikahan hardcover adalah undangan pernikahan yang memiliki cover yang tebal, dan softcover adalah undangan pernikahan yang memiliki cover tipis.

Pilihlah undangan
pernikahan softcover yang tentunya bisa anda cetak sendiri dengan printer dirumah. Karena printer biasa belum mampu mencetak undangan
pernikahan hardcover.

2. Menentukan Lokasi Usaha

undangan pernikahan

Lokasi usaha juga mempengaruhi usaha percetakan anda, jika lokasi anda di keramaian maka paling tidak usaha anda bisa dijangkau dan dilihat oleh orang lain.

Tempat yang sedikit tertutup dan jauh dari keramaian mungkin sedikit berpengaruh terhadap usaha anda. Tetapi lokasi tidak selamanya menjadi masalah, karena promosi yang baik adalah kunci suksesnya bisnis percetakan.

3. Mencari Printer Untuk Cetak Undangan Pernikahan

Printer adalah senjata utama dalam bisnis ini. Selain senjata, printer juga jantung usaha anda. Lantas apa printer yang cocok untuk usaha anda? Printer Canon atau Epson?
Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan printer canon dan epson, dibawah ini saya berikan gambaran singkat tentang kelebihan dan kekurangan dalam tabel yang mudah anda mengerti dengan cepat.

Printer Kelebihan Kekurangan
Canon Murah Tidak Awet
Epson Awet Mahal
Harga printer canon jauh lebih murah dibanding pesaingnya yaitu epson. Harga printer canon kisaran 500-700ribu, sedangkan epson bisa mencapai 1,5-2,5 juta rupiah.

Jika dilihat dari kualitas, maka kedua printer ini sama-sama berkualitas. Tetapi dari segi keawetan nya, maka saya nobatkan epson lebih awet dari pada canon.

Kenapa Epson lebih awet?

Epson lebih awet dibagian catridge printernya, karena printer epson tidak memiliki busa pada catridge sehingga tinta langsung bisa keluar dari catridge. Sedangkan printer canon, memiliki busa pada catridgenya, sehingga jika terlalu lama tidak dipakai catridgenya akan mampet dan rusak.

Bagaimana dengan Canon?

Dari segi harga canon lebih murah jauh dibanding epson, tetapi jika anda menggunakan canon, resiko catridge printer mampet dan bergaris adalah resiko anda. Karena catridge printer canon akan aus jika digunakan secara terus menerus.

Untuk usaha cetak undangan
pernikahan dengan printer maka bagaimana solusinya?

Jika anda menggunakan canon, maka anda harus bisa merawat printer anda. Dengan cara, mencetak tidak sekaligus banyak, sering mengecek isi tinta di catridge, dan minimal print satu lembar perhari. Maka paling tidak, anda sudah kembali modal sebelum catridge nya rusak.

Jika anda memiliki modal berlebih, maka printer epson pilihannya. Karena printer epson bisa anda modifikasi dari jenis tintanya. Tetapi perlu diingat, harga printer epson yang lebih mahal daripada canon perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai printer epson anda rusak sebelum anda balik modal.

4. Pemasaran Jasa Cetak Undangan Pernikahan

undangan pernikahan

Sebelum anda pasarkan jasa cetak undangan, anda juga perlu survey harga pesaing anda disekitar. Jangan sampai harga anda terlalu murah dan terlalu mahal dibanding pesaing anda. Berilah harga yang sama dengan pasaran sekitar anda.

Ada berberapa strategi bisnis percetakan undangan
pernikahan ini, yaitu:

Memiliki katalog yang lengkap daripada pesaing
Semakin banyak pilihan katalog, maka semakin bagus pelayanan buat calon pelanggan anda. Tetapi perlu diperhatikan, ketika menyodorkan katalog, berikan katalog yang menggunakan softcover saja, atau undangan
pernikahan yang bisa anda cetak dengan printer biasa.

Pemasaran door to door
Kekuatan awal strategi bisnis percetakan undangan
pernikahan adalah berbicara langsung dengan konsumen, anda bisa memulai usaha ini dari kerabat dekat atau tetangga anda. Pemasaran door to door mungkin membutuhkan waktu, karena tidak semua orang akan langsung memnggunakan jasa anda ketika anda memberitahunya.

Pemasaran jenis ini wajib untuk anda yang memulai usaha cetak undangan
pernikahan .

Pemasaran online
Pemasaran online untuk usaha cetak undangan
pernikahan ini harus berbeda dengan pesaing anda lainnya. Jika pesaing anda tidak bisa menampilkan katalog desain, maka anda harus bisa memberikan katalog desain lengkap di jejaring sosial.

Jejaring sosial adalah salah satu tempat promosi gratis yang bisa anda gunakan. Untuk mengefektifkan promosi di media sosial tentunya promosi anda harus berbeda dan lebih baik dari yang lainnya.

Jika promosi online usaha hanya sebatas mencantumkan foto, harga, dan deskripsi. Maka anda bisa memberikan katalog undangan pernikahan lengkap yang bisa diakses via media sosial.

Memberikan bonus, jangan diskon
Usaha yang baik adalah usaha yang bersaing dengan bersih. Artinya, jika anda pemain baru dalam usaha percetakan, jangan mencoba-coba untuk menurunkan harga pasaran demi mengejar target. Dimanapun pengusaha berada, mereka tidak senang jika anda pesaing nya memberikan harga yang lebih murah dibawah harga pasaran.

Anda dapat memberikan bonus, misalnya gatis berberapa lembar undangan
pernikahan atau desain. Karena bonus dapat meningkatkan citra baik usaha anda. Tetapi jika anda memberikan diskon, maka usaha anda akan dicap oleh pelanggan dengan sebutan usaha yang murahan.

Inovasi
Usaha yang bisa satukan dengan usaha cetak undangan
pernikahan adalah souvenir pernikahan. Jika anda satukan, maka peluang usaha cetak undangan dan souvenir sagat besar sekali. Karena biasanya pelanggan akan melakukan double order, maksudnya mereka akan order cetak undangan sekaligus souvenir pernikahanya.

Contoh souvenir pernikahan yang paling umum adalah gelas atau mug. Anda bisa mengembangkan usaha percetakan undangan
pernikahan anda dengan menyediakan pula jasa cetak mug.

Baca Juga : Peluang Usaha Percetakan Digital yang Menjanjikan di Tahun 2019

Ramah
Pelayanan yang ramah adalah segalanya, pelanggan datang ke toko percetakan anda tidak lain adalah untuk mencari desain undangan
pernikahan yang sesuai dan harga yang terjangkau.

Maka layani pelanggan dan berikan solusi serta saran guna memberikan arahan yang baik untuk pelanggan. Jika pelayanan yang anda berikan baik, maka bisa saja pelanggan merekomendasikan usaha anda ke teman-temannya yang lain.

Sumber : www.walisongo.co.id