Pembuatan surat undangan pernikahan dengan tampilan 3D akan berbeda dengan surat undangan yang lain, yang biasanya pembuatan undangan pernikahan  hanya mengunakan teknik cetak digital printing, mesin hot stamping atau mesin emboss. Kini pembuatan undangan pernikahan  menggunakan objek digital yang dapat dimunculkan ke dunia nyata, dan akan lebih menarik karena bukan hanya untuk memberikan informasi pelaksanaan undangan pernikahan saja, tetapi dapat memberikan hiburan kepada penerima undangan karena mereka dapat melihat tampilan gambar yang muncul pada surat undangan yang biasanya hanya berbentuk 2D. Dengan memanfaatkan teknologi yang terus menerus berkembang, tampilan 3D menjadi salah satu aspek yang penting dalam pembuatan animasi pada undangan tersebut. Penulis tertarik untuk membuat Surat Undangan yang didalamnya terdapat objek 3D menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

undangan pernikahan AR

Sebelumnya kartu undangan dibuat dengan menggunakan kertas dan kurang menarik, dan kini kita dapat menerapkan  teknologi Augmented Reality pada surat undangan pernikahan . Untuk pembuatan model 3D nya kita dapat menggunakan aplikasi Blender 2.76, Unity 3D dan Vuforia sebagai editor untuk menampilkan model yang telah dibuat. Walaupun proses pembuatannya cukup rumit,  tetapi sekarang banyak sekali tutorial-tutorial yang dapat kita pelajari untuk membuat suatu model 3D undangan pernikahan yang bagus dan menarik, yang pastinya sesuai dengan ekspetasi yang kita inginkan. Model aplikasi undangan pernikahan Augmented Reality ini dapat dioperasikan menggunakan android dan menggunakan camera pada smartphone.

Berikut Contoh penggunaan teknologi Augmented Reality untuk pembuatan undangan :

Tujuannya adalah membuat Surat undangan pernikahan menggunakan Augmented Reality agar tampilan surat undangan menjadi lebih menarik dalam bentuk 3D, serta memperkenalkan informasi kepada masyarakat mengenai Augmented Reality.

Baca juga : Kata Kata Bijak Motivasi Sukses Dari Pengusaha & Pembisnis Indonesia

Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Aplikasi Augmented Reality ini dapat meningkat minat dari para calon pembeli surat undangan karena objeknya yang sangat menarik dan tampilanya yang modern, serta adanya interaksi langsung dengan surat undangan yang akan dibeli sangat mempengaruhi minat pembeli. Aplikasi Augmented Reality yang sudah Penulis rancang dapat mempermudah Pembeli memilih tipe undangan yang dibutuhkan, dan membantu Penjual dalam pemasaran produk Surat Undangan yang mereka tawarkan.

Sumber : publication.gunadarma.ac.id