Monstermac.id – Tulisan emas merupakan salah satu kelengkapan dalam jilid hard cover. Beberapa program studi dalam suatu universitas mengharuskan jilid skripsi dengan format cover menggunakan tulisan berwarna emas.

Biasanya sebuah usaha fotocopy akan menyesuaikan dengan permintaan pelanggannya. Kurang lengkap rasanya bila usaha fotocopy yang menerima jilid album, tetapi tidak dapat melayani cetakan cover dengan tulisan berwarna emas. Contoh dari jilid hard cover menggunakan tulisan emas dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Tips Cara Membuat Tulisan Emas Pada Jilid Hard Cover

Baiklah di sini, kami akan mengupas mengenai cara membuat tulisan emas pada sebuah cover atau hard cover.

Pertama, Yang disiapkan adalah sebuah cover, agar lebih simple kami membuat tulisan emas tersebut hanya pada satu kata saja, contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tips Cara Membuat Tulisan Emas Pada Jilid Hard Cover

Perlu diingat bahwa tulisan berwarna emas tidak dapat dicetak menggunakan printer biasa atau menggunakan tinta biasa, tulisan emas hanya dapat dicetak menggunakan printer laser. Sebaiknya warna tulisan awal hanya tulisan hitam putih saja, karena bila berwarna nantinya juga akan tertutup oleh tulisan berwarna emas tersebut.

Kedua, Siapkan kertas berwarna emas yang dipotong sesuai ukuran tulisan tersebut. Jangan menggunakan sembarang kertas emas ya bro. Letakkan kertas emas tersebut tepat di atas tulisan yang sudah dicetak tadi. Usahakan saat memotong kertas emas tersebut dengan hati-hati, karena butiran-butiran berwarna emas bekas potongan tersebut dapat menempel pada kertas hasil cetakan

Tips Cara Membuat Tulisan Emas Pada Jilid Hard Cover

Ketiga, Siapkan mesin Hot Print dan panaskan sampai suhu stabil 150 derajat Celcius. Usahakan memasukkan hasil cetakan tersebut pada suhu stabil tersebut, karena bila dibawah suhu tersebut tulisan emas tidak akan menempel dengan sempurna. Dan di atas suhu tersebut kertas dapat memeleleh atau gosong.

Kembali saya mengingatkan sebaiknya jangan menggunakan setrika sebagai alat pemanas, karena cara kerja setrika adalah menggosokkan setrika di atas tulisan dan dapat menyebabkan tulisan menempel pada setrika, sehingga tidak saja merusak cetakan namun juga alat setrika anda sendiri, disamping itu pada suhu tersebut sangat berbahaya bila terkena kulit (kemungkinan kulit yang akan menempel pada setrika tersebut hehe).

Mungkin di luar sana banyak yang menggunakan setrika sebagai alat pemanasnya, namun di sini saya menyampaikan sebaiknya tidak menggunakan setrika sebagai alat pemanasnya. Jadi gunakanlah alat yang sesuai dengan kegunaannya.

Keempat, Bila mesin Hot Print sudah mencapai suhu stabil, maka kertas yang sudah dicetak dan dilapisi oleh kertas emas di atasnya, dapat di hot print

Setelah semua bagian dari kertas / cover Selai di Hot print, silahkan melepas kertas emas yang menempel dibagian atas tulisan tadi dan hasilnya dapat dilihat

Demikian tahapan singkat membuat tulisan berwarna emas pada cover. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Materi Desain Logo dan Materi Desain Packaging / Kemasan / Label Produk