MONSTERMAC.ID – Emboss merupakan sebuah proses akhir setelah proses cetak yang membuat hasil cetak timbul keluar atau bisa juga dikatakan Emboss itu ialah teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan kertas. Acuan emboss berasal dari logam hasil proses etsa( proses menggunakan asam kuat untuk mengikis bagian permukaan logam) atau cukil, disebut klise. Acuan tersebut terdiri dari dua bagian, bagian yang menonjol (jantan) dan bagian yang cekung (betina). Proses selanjutnya adalah meletakan kertas yang akan di emboss diantara acuan menonjol (jantan) dan cekung (betina).

Proses finishing ini banyak digunakan pada cetak komersial seperti cover buku, postcard, dan packaging. Ketinggian atau kedalaman emboss dapat diatur sesuai kebutuhan. Proses Emboss dapat dilakukan secara manual maupun langsung pada mesin (digital embossing). Selain itu emboss juga dapat diaplikasikan dengan kreatif untuk dijadikan produk dekorasi bergaya modern yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang Tentang Teknik emboss yakni pemberian motif pada bahan spon sandal untuk bagian atas dan bagian bawah agar lebih menarik dan tidak licin.

Teknik emboss ini sangat lah penting, dikarenakan bahan limbah pada dasar nya tdk memiliki motif bagian bawah dan bagian atas sehingga masih polos. fungsi dari teknik ini adalah memberikan motif tersebut.

Beberapa contoh bahan yg belum di emboss :

bahan sandal

Teknik emboss sandal

Contoh plat emboss yang akan digunakan untuk emboss sandal:

plat emboss

plat emboss

Setelah agan mengetahui jenis dan bentuk bahan yg belum termotif tersebut. ini ada beberapa langkah-langkah untuk memulai pengembossan.

Pertama:

teknik embos sandal

Siapkan bahan / pola sandal yg akan di emboss. kemudian agan siapkan kompor, alat press , papan plat emboss dan oven pemanas ( agan bisa pakai oven gas kue).
pakai oven listrik pun bisa, hanya saja kami menyarankan menggunakan oven gas adalah untuk menghemat biaya cost produksi.

Kedua :

teknik emboss sandal

Panaskan oven sekitar 3-4 menit.
Masukan bahan / pola sendal tersebut kedalam oven kurang lebih sekitar 25 detik.

Ambil bahan tersebut dr oven pemanas menggunakan sarung tangan, kemudian di press posisi sejajar diatas papan plat emboss..

Ketiga :

teknik emboss sandal

Lakukan pengepresan pada bahan tersebut kurang lebih sekitar 20 detik.
setelah 20 detik lepas pressan dan angkat bahan tersebut.

Keempat :

Contoh hasil bahan yg sdh di emboss tadi

teknik emboss sandal

Catatan :

– Bila bahan tersebut tdk muncul motifnya, ada beberapa penyebab nya antara lain bahan yg agan panaskan belum pas panas nya, kondisi dari bahan limbah tersebut yg kurang baik, dan lama waktu saat anda press.

Baca juga : Peluang Bisnis Yang Menjajikan Dengan Mesin Emboss

Berikut beberapa contoh dari hasil teknik emboss pada sandal :

Teknik emboss sandal

Teknik emboss sandal

Teknik emboss sandal

Demikian artikel yang kami buat, semoga bisa berguna bagi banyak orang.

Sumber :  www.kaskus.co.id/thread/teknik-emboss-sandal/