Kulit sering kali dipakai untuk beberapa produk handmade atau kerajinan tangan buatan industri rumah tangga seperti tas kulit,sepatu kulit, jaket kulit, dompet kulit, dsb. Namun, tahukah anda, kalau masing-masing kulit hewan itu memiliki ciri-ciri yang tidak sama, dari mulai kemampuan sampai teksturnya.

Menciptakan hiasan timbul pada emboss kulit memerlukan peralatan spesial untuk menanamkan desain pada permukaan kulit. Anda bisa membuat desain yang bagus baik dengan menstempel atau menekan bentuk metal ke kulit mentah. Jika Anda tidak punya peralatan untuk pekerjaan kulit ini, pilih cara menjempit dan jika Anda ingin berinvestasi dalam peralatan desain kulit, Anda harus mencoba cara yang kedua.

Berikut cara mudah  emboss kulit dengan menggunakan stempel kulit :

emboss kulit

1

Beli set peralatan stempel kulit secara daring atau dari toko kerajinan. Beli stempel-stempel 3D dengan silinder yang bisa dimasukkan ke dalam semua stempelnya. Anda bisa memesan stempel khusus secara daring atau mulai dengan set stempel alfabet.
Pastikan silinder metal ini cocok dengan stempel Anda. Silinder merupakan bagian yang akan Anda gunakan untuk menciptakan bentuk stempel di atas kulit.

 

emboss kulit

2

Letakkan kulit mentah Anda di atas meja kerja yang datar. Pastikan bagian depan kulit menghadap ke atas. Tentukan lokasi emboss desain Anda.

 

emboss kulit

3

Bersihkan permukaan kulit dengan spons yang agak lembap. Jika air mengubah warna kulit dengan drastis, biarkan kulit mengering sebentar.

 

emboss kulit

4

Letakkan stempel metal di atas kulit, pada lokasi yang Anda inginkan.

 

emboss kulit

5

Masukkan silinder metal ke bagian tengah stempel. Pegang dengan mantap dengan satu tangan.

 

emboss kulit

6

Pukul bagian atas stempel beberapa kali dengan pemukul kayu Anda. Berhati-hatilah agar stempel tidak bergerak saat Anda memukulnya. Anda bisa mengangkat stempel untuk melihat jika cetakan telah dibuat cukup dalam dan meratakannya kembali untuk proses penstempelan berikutnya.[2] Cara ini memerlukan latihan untuk menguasai tingkat kekerasan saat memukul stempelnya.

 

emboss kulit

7

Ulangi langkah-langkah di atas dengan stempel-stempel lainnya jika Anda ingin membuat desain yang lebih rumit. Gunakan produk pelapis akhir bagi kulit saat Anda telah menyelesaikan embossing dan sebelum Anda menggunakan kulit untuk proyek akhir Anda.
Anda juga bisa menggunakan cat kulit ke atas desain emboss untuk membuatnya lebih menarik. Semua cat berbahan dasar alkohol bisa digunakan sebelum kulitnya mendapat sentuhan akhir.

Itulah langkah – langkah untuk melakukan emboss kulit dengan menggunakan stempel kulit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang ingin bekreasi menghias kulit dengan emboss kulit.

Salam Sukses !

 

Sumber : id.wikihow.com