Peranan percetakan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting mengingat berbagai kegiatan seperti promosi, pencetakan label hingga kegiatan lainnya sering kali tidak terlepas dengan hadirnya percetakan di dalamnya. Tidak mengherankan dengan banyaknya orang yang membutuhkan jasa percetakan kini dan sekarang sudah banyak sekali percetakan yang menjamur di masyarakat yang berubah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Terlepas dari peranan percetakan dalam setiap kegiatan masyarakat, apakah Anda pernah sekali memikirkan perihal kaitannya dengan pengertian dan sejarah percetakan? Pastinya tidak bukan? Untuk itu kini saatnya Anda mulai mengetahui seluk beluk terkait dengan pengertian dan sejarah percetakan yang pernah ada.

Pengertian Percetakan

Pada hakikatnya terkait dengan pengertian dan sejarah percetakan, maka percetakan adalah sebuah industri yang diperuntukkan untuk memproduksi tulisan ataupun gambar dengan memanfaatkan tinta melalui mesin cetak dengan jumlah yang sangat banyak. Percetakan menghasilkan banyak produk dengan memanfaatkan mesin percetakan seperti buku, koran, majalah hingga label untuk promosi.

Dalam pengerjaannya banyak sekali teknik yang diterapkan di dalamnya yang mana hal ini terdiri dari sablon, cetak relief hingga percetakan yang memanfaatkan sistem digital seperti halnya laser, pita jarum atau inkjet serta tidak ketinggalan teknik rotogravure yang merupakan suatu teknik percetakan yang digunakan untuk mencetak bahan yang terbuat dari Plastic, PVC, alumunium ataupun juga kertas.

Terlepas dari pengertian dan sejarah percetakan, kini ada juga suatu percetakan yang menerapkan teknik cetak poly. Dalam teknik ini akan diberikan suatu sentuhan emas ataupun perak pada permukaannya sehingga akan terkesan lebih menarik. Di lain sisi ada pula yang menggunakan teknik emboss yang nantinya akan menghasilkan suatu cetakan yang timbul pada permukaannya. Beberapa teknik yang demikian ini sudah banyak beredar di pasaran dan diminati oleh masyarakat luas.

Sejarah Percetakan

Dalam hal ini sejarah percetakan dimulai dengan adanya tulisan di dinding gua yang berumur setidaknya 30.000 tahun. Sejarah yang bermula dari bangsa Mesir ini kemudian mencatat bahwa masyarakatnya kemudian membuat ukiran yang dikenal dengan sebutan Hieroglyphics pada suatu permukaan batu.

Sejarah mesin percetakan bermula dari orang China yang menemukan kertas pada abad pertama serta ditemukannya Movable Type yang berasal dari tanah liat. Kemudian di abad 13 seorang yang berasal dari Korea mencoba untuk menciptakan movable type yang berasal dari perunggu.

Ternyata masih kaitannya dengan pengertian dan sejarah percetakan di Eropa juga menjadi saksi kemunculannya. Dalam hal ini sebelum percetakan banyak dikenal di kalangan masyarakat banyak orang yang menyalin buku-buku dengan menulisnya. Pada zaman dahulu orang tersebut dikenal sebagai scribes. Sayangnya metode yang demikian ini sangat terbatas dan menyebabkan karya yang dihasilkan tersebut hanya terbatas di kalangan tertentu saja.

Dikatakan bahwa untuk teknik cetak yang pertama bermula dari kota Mainz, Jerman di tahun 1440M. Di saat itu sejarah mencatat bahwa hasil cetak yang pertama berupa mata uang logam yang pada saat itu merupakan hasil karya dari sosok Johannes Gutenberg. Jika dibandingkan dengan mesin cetak china, bisa dikatakan mesin cetak karya Johannes Gutenberg ini terkesan sangatlah mudah dan simpel dalam penggunannya. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai symbol china yang memang sangatlah susah untuk dipahami oleh bangsa lainnya.

Baca juga : Mesin Embos / Hot Stamping Untuk Pengembangan usaha Percetakan Anda

Sejarah juga mencatat bahwasannya mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes Gutenberg ini kemudian dikembangkan hingga zaman sekarang ini. tidak mengherankan jika Johannes sendiri kemudian dinobatkan sebagai penemu mesin cetak. Dalam perkembangannya, tentunya mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes tersebut masih melalui tahapan penyempurnaan hingga akhirnya mesin tersebut bisa digunakan dengan baik.

Mesin cetak yang kita gunakan saat ini ternyata memiliki perjalanan yang sangat panjang dengan berbagai perubahan di zamannya. Merujuk pada hal tersebut banyak pula berbagai manfaat yang didapatkan dengan kehadiran mesin cetak. Beberapa diantaranya adalah kemampuan mesin cetak yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan percetakan secara massal. Dengan cara ini, maka aktivitas manusia pun juga akan semakin mudah dalam melakukan percetakan.

Sumber : www.infocetak.com