Percetakan merupakan salah satu usaha jasa yang saat ini banyak dijalankan oleh para pengusaha digital, jenis bisnis yang satu ini keuntungannya lumayan besar dan peluang untuk berkembang cukup besar. Hal inilah yang dijadikan sebagai alasan salah satu pengusaha percetakan sukses yang enggan disebutkan namanya (katanya masih pemula dan gak mau dibilang sukses, padahal rumah sama mobilnya bagus-bagus banget hehehe).

Awal usahanya dimulai ketika dia lulus kuliah, kemudian pernah bekerja di salah satu perusahaan di kota kecil. Gajinya tidak seberapa dan pekerjaannya cukup berat, menyita waktu, tenaga dan juga pikiran. Karena berbagai pertimbangan, akhirnya dia memutuskan untuk keluar kerja dan menganggur beberapa waktu.

Orang nganggur emang gak enak sama sekali, tiap harinya bingung mau ngapain dan gak punya uang tentunya. Bermodal komputer jadul teman perjuangannya dulu waktu kuliah, dia mulai mencoba peruntungannya di bisnis desain. Kala itu dia mencoba memasarkan desainnya melalui media online, entah itu di blog, facebook, dan media lain yang bisa digunakan sebagai sarana promosi.

pengusha percetakan

Beberapa waktu kemudian, ada salah satu orang yang memesan desain kepadanya dan dia mengerjakan dengan semangat. Dia tidak mempedulikan berapa upah yang akan dia dapatkan nantinya, yang penting dia bisa menyalurkan hobinya dan bisa membuatnya menjadi uang untuk dirinya.

Kemudian lama-kelamaan dia melengkapi usahanya itu, berawal dari sebuah kamar dan gudang di belakang rumah, kemudian dia membeli berbagai alat yang dibutuhkan seperti komputer baru, mesin printing, bahan spanduk, kertas undangan, dan lain sebagainya. Hasilnya sebuah tempat bisnis percetakan kecil berhasil dia bangun di depan rumahnya.

Waktu terus berjalan dan bisnisnya semakin berkembang hingga akhirnya dia bisa mempekerjakan oang lain untuk membantunya. Dia selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, dan hasilnya pelanggan setia kepadanya karena merasa puas dengan pelayanannya.

Setelah bertahun-tahun dia berjuang, akhirnya berbagai hal sudah dia dapatkan dari usahanya itu. Mulai dari rumah baru yang mewah, mobil baru yang bagus, motor baru, dan tak lupa dia juga membuka cabang bisnisnya yang baru di tempat lain guna terus mengembangkan bisnis itu.

Terkadang kita semua mengalami masa-masa sulit seperti pengusaha percetakan ini, dia pernah bekerja di tempat yang kurang layak dengan gaji yang sangat kecil. Ketika dia memilih keluar kerja, pasti ada masalah yang akan dia hadapi, namun itu adalah resiko yang tiap orang miliki. Saat ini, kalau dia mengingat masa-masa dimana dia masih bekerja, dia akan tersenyum dan bersyukur bisa keluar dari kantor itu dan sekarang punya bisnis sendiri.