MESIN HOT STAMPING FOIL

Mesin Hot stamping foil adalah produk yang dibuat dari polyester sebagai bahan dasar yang dilapisi oleh coating resins. untuk memperoleh efek kilau khusus. metallized layer di-coating kepermukaan film menggunakan mesin metallizing vakum khusus. efek kilau ini merupakan hasil dari penguapanbahan aluminium yang melekat pada film.

Mesin hot stamping foil

Mesin Hot stamping foil merupakan produk hasil proses dry printing di mana pigmen warna atau metallic ditransfer dari continuous roll ke objek yang akan dihias seperti kertas, board, plastik, bingkai kayu dan tekstil menggunakan bantuan panas, tekanan dan waktu.

Proses foiling dicapai ketika cliché atau die khusus dilekatkan pada sebuah pelat dan dipanaskan. Kemudian foil ditempatkan di antara cliché atau die dan bahan yang akan dihias. Panas dan tekanan diaplikasikan pada foil melalui die, panas akan melepaskan foil dari media film. Foil akan melebur sesuai dengan tempat dimana tekanan diaplikasikan untuk membentuk image khusus sesuai dengan desain.

undangan pernikahan

Mesin Hot Stamping Foil adalah produk khusus yg unik yang tidak dapat digantikan oleh bahan cetak yang lain. Foil stamping, disebut juga hot stamping, dry stamping, foil imprinting dapat dikombinasikan dengan dimensional embossing untuk membuat huruf atau gambar pada kartu nama, sampul buku, kartu ucapan, dan semua barang-barang perlengkapan pribadi maupun kantor.

Tidak ada proses percetakan atau material yang bisa memberikan tingkat kecerahan dari penyelesaian metalisasi.
Memberikan warna spesial yang solid seperti emas terang, pola kayu yang natural, dll, sementara tinta yang lain seperti offset dan gravure tidak.

Bisa di aplikasikan untuk material dalam cakupan luas dengan mudah, di atas substrasi polos atau bercorak seperti pensil, kertas, pigura dan material lain.

kertas foil

Foil yang biasa digunakan Mesin hot stamping foil adalah metallized gold, silver, dan metallic colors, pigments (flat, semi-gloss and gloss) multi-colors, woodgrain dan marble effects, brushed finishes, chrome, leather look, clear, pearlescents dan holographic.

Produk yang dihasilkan hot stamping foil antara lain :

Industri Graphic Art seperti kartu ucapan, kemasan, shopping bags, label, business cards dan produk berbahan dasar kertas lainnya.

Alat-alat tulis seperti pensil dan pen.

Industri plastic moulding seperti kartu plastic, bangles, sisir, jam dinding, kosmetik, kompartemen elektronik dan produk plastik lainnya yang dibuat dari PP, PS, ABS, PVC.

Selain digunakan untuk kebutuhan Industri Graphic Art, Hot stamping foil juga bisa digunakan untuk kebutuhan produk furniture seperti bingkai kayu, medium density fiber board dan produk kulit sintetis seperti sampul buku, lapisan sepatu, jaket dan Tekstil.

MESIN HOT PRESS

Mesin hot press merupakan salah satu mesin utama dalam industri sablon baik itu sablon manual maupun digital. Mesin hot press dilengkapi dengan elemen pemanas yang disertai dengan pengatur suhu dan waktu secara digital yang digunakan untuk curing dan finishing dalam sablon kaos.

Cara menggunakan mesin hot press sendiri cukup mudah tinggal mengatur tekanan press dan juga suhu panas pada mesin hot press tersebut. Biasanya untuk masing-masing jenis sablon ada aturan suhu tersendiri gunanya tentu agar hasil sablon lebih sempurna.

Baca juga: Manfaat Mesin Hot Print Bagi Dunia Percetal dan Jasa Digital Printing

Mesin hot press berfungsi untuk menempelkan hasil cutting polyflex di area piring, mug, topi, dan kaos agar texture sablon lebih halus jika diraba tangan (soft handfeel). Mesin hot press digunakan untuk mengeringkan cairan pretreatment sebelum kaos dicetak dengan printer direct to garmen (Dtg). Hot press juga digunakan untuk finishing, membuat tinta textile yang telah disablon pada kaos lebih kuat serta apabila kaos dicuci tinta tidak mudah luntur / memudar. Pengoperasian yang mudah, menjadikan mesin hot press cocok untuk kebutuhan semua jenis teknik sablon kaos, baik manual, dtg, cutting dan yang lainnya