MONSTERMAC.ID – Apakah saat ini Anda sedang kebingungan bagaimana caranya supaya profit / keuntungan bisnis Anda meningkat? Ataukah ada di antara Anda yang hobby memberikan diskon gila-gilaan untuk menaikkan omset? Padahal jika Anda menggunakan diskon, belum tentu profit Anda naik. Omset boleh naik karena diskon, tapi profit belum tentu.

Pertumbuhan dari bisnis merupakan tujuan utama untuk sebagian besar pemilik bisnis dan pengusaha. Tantangan ekonomi pada saat ini banyak menawarkan peluang yang unik untuk memperluas bisnis mereka yang telah memiliki kemampuan khusus. Mengembangkan bisnis dan meningkatkan profit adalah suatu tantangan yang berkelanjutan, apabila Anda telah menggunakan cara perkembangan bisnis yang sama selama beberapa waktu, padahal masih banyak cara untuk memperluas bisnis Anda pada era pertumbuhan ekonomi sekarang ini. Berikut beberapa ide yang dapat dilakukan antara lain :

strategi menaikan profit

1. Merencanakan strategi perluasan bisnis

Perencanaan merupakan salah satu kunci untuk memulai perluasan bisnis dan meningkatkan keuntungan usaha Anda. Pikirkan setiap mode perluasan dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan. Mulai membuat daftar perencanaan serta lakukanlah sedikit riset pasar untuk mempelajari kesempatan dan juga masalah yang dihadapi untuk perluasan bisnis.

produk layanan baru

2. Menambahkan produk dan layanan baru

Strategi ini terdengar relatif lebih sederhana, tetapi untuk melaksanakan strategi ini secara serius bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mencari tahu produk mana dan layanan yang pelanggan inginkan serta berapa banyak dari mereka yang bersedia untuk membayar produk Anda. Setelah itu, menentukan mampu atau tidak menjual produk dan layanan sampai dapat menghasilkan keuntungan. Cara terbaik dalam melakukannya yaitu dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya untuk produk baru dan perluasan layanan.

pasar wilayah baru

3. Membentangkan pasar ke wilayah baru

Anda bisa menggunakan cara ini untuk menambah profit bisnis Anda. Anda bisa membuka ceruk pasar baru (niche market baru) untuk meningkatkan profit bisnis Anda. Inti dari strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan juga menjual produk atau jasa pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa berasal dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda juga dari tempat Anda beroperasi. Apabila jenis bisnis yang Anda lakukan adalah ritel atau toko, maka jenis ekspansi kemungkinan dapat berupa pembukaan lokasi baru di daerah yang berbeda baik di kota ataupun di provinsi yang berbeda.

Itulah beberapa cara kreatif dalam meningkatkan keuntungan perusahaan Anda. Membuka cabang yang ke 2 jauh lebih murah daripada memulai bisnis baru Anda dari nol. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Perluasan bisnis secara geografis sering memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi yang sebelumnya tidak bisa didapatkan. Hal itu juga dapat memberikan peningkatan pada keuntungan tambahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin memperluas bisnis dan keuntungan pada bisnis yang dijalankan.

cost reduction

4. Cost Reduction

Cost reduction berarti pengurangan biaya. Setiap produk pasti memiliki biaya-biaya produksi di baliknya. Mulai dari harga bahan baku, gaji pegawai, pembelian dan perawatan mesin, biaya marketing, biaya distribusi, riset,dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin melakukan Cost Reduction, Anda harus mengevaluasi kembali bisnis Anda. Sektor mana yang pengeluarannya bisa dihemat atau dikurangi supaya bisnis Anda tidak boros dan Anda bisa mendapatkan profit lebih besar.

kenaikan harga

5. Price Increase

Price Increase atau penaikan harga ini merupakan opsi paling mudah, tapi berisiko tinggi. Sebaiknya gunakan Price Increase setelah waktu diskon tertentu.

Misalnya : Anda sedang berbisnis baju dan setiap bulan Anda mengeluarkan koleksi baru. Setiap bulan Anda bisa memberikan embel-embel diskon untuk koleksi baru Anda. Ketika bulan depan Anda mengeluarkan koleksi baru lagi, Andabisa menaikkan harga koleksi baju yang lama. Sehingga customer tidak akan menurun jumlahnya karena masih ada program diskon, tapi Anda tetap bisa mendapatkan kenaikan profit dari panjualan koleksi-koleksi lama.

frekuensi pemakaian

6. Perbanyak Frekuensi Pemakaian

Trik ini biasanya dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang makanan. Contohnya perusahaan penghasil susu kental kalengan. Susu kental bisa diwadahi dalam botol plastik atau sachet. Tapi kenapa sampai sekarang wadah kalengan tetap dipakai? Karena jika memakai wadah kalengan, mau tidak mau konsumen akan membuka wadahnya menggunakan pisau. Jika menggunakan pisau, maka kaleng akan terbuka lebar dan susu akan keluar dalam jumlah banyak. Akibatnya susu kental jadi cepat habis sehingga orang akan segera membeli kembali.

Begitu pula dengan restoran fast food seperti McD atau KFC. Mereka sengaja mengeluarkan beberapa produk minuman atau es krim dengan harga murah di bawah Rp 15.000. Dan mereka juga sering memasang pendingin ruangan dengan suhu yang sangat dingin.

Ini sengaja mereka lakukan supaya pengunjung merasa kedingingan dan cepat lapar. Jadi mau tidak mau mereka akan membeli makanan lagi dan lagi meskipun ke sana niatnya untuk nongkrong dan beli minuman saja.

Baca juga :  9 Tips Cara Membangun Bisnis Modal Kecil Dengan Untung yang Besar 

varian ekonomis

7. Keluarkan Varian Produk Dengan Kemasan Lebih Ekonomis

Trik ini juga sering digunakan oleh perusahaan produsen makanan, sabun, kosmetik, atau minuman. Dulu susu kental dijual dalam bentuk kalengan. Sekarang mereka juga menjual susu dalam bentuk sachet. Begitu juga dengan shampoo. Dulu shampoo dijual dalam botol. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan shampoo yang dijual dalam bentuk sachet.

Padahal kalau dipiki-pikir, sebenarnya kemasan dalam bentuk sachet harganya lebih boros ketimbang dalam bentuk botol atau kalengan. Tapi konsumen tidak akan merasa harganya mahal, karena mereka membeli dalam ukuran kecil sehingga harga juga terlihat kecil.

Tapi sebenarnya perusahaan juga mendapat keuntungan lebih banyak loh. Barang yang terjual makin banyak, profit juga makin bertambah.