MONSTERMAC.ID – Pada zaman yang serba digitalisasi ini, mungkin anda sempat berfikiran bahwa kebutuhan mencetak  akan semakin berkurang, tapi Hal itu tidak terjadi. Karena membaca di layar komputer menyebabkan mata Lelah dan mereka lebih memilih untuk memegang buku atau surat kabar di tangan mereka, Teknologi pencetakan masih tetap sangat diperlukan. Penggunaan Tinta di sisi lain, Karbon aktif dalam bubuk toner pada tinta telah dinyatakan sebagai zat carsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Bila terhirup secara terus menerus, bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit kanker dalam tubuh.

mesin hot print

Risiko jangka pendeknya dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata, kulit gatal, serta sakit kepala. Partikel toner yang berukuran sangat kecil tidak dapat dilihat mata telanjang dan dapat bertahan di udara dalam jangka waktu lama.

Pada dasarnya tinta itu berantakan, kotor, mahal dan pemeliharaan yang tinggi. Bukankah lebih baik untuk tidak menggunakan nya? Beberapa teknologi lama dan baru memberikan kesempatan untuk melakukan hal itu. Tentu saja proses “Inkless” tergantung pada apa definisi Anda tentang “tinta”.

Umumnya, tinta cair terdiri dari 2 jenis yaitu Dye atau Pigment, yang adalah organik atau an-organik dalam bentuk cairan. Dye adalah zat berwarna yang larut dalam pelarut cair, sedangkan pigmen terdiri dari serat yang sangat halus, kadang-kadang seperti bubuk partikel berwarna yang tidak larut, melainkan  terpisah dalam cairan. Pelarut dan cairan yang dapat bercampur dengan Tinta Dye atau Pigmen adalah air, bahkan minyak atau alkohol.

Banyak metode, baik cara lama yang memungkinkan kita untuk tidak menggunakan tinta. Metode lama pencetakan, seperti ukiran, tidak melibatkan sesuatu seperti tinta. Ukiran menggunakan alat untuk menanamkan atau mengukir kata-kata atau gambar pada permukaan yang keras. Namun, mengesankan seperti yang terlihat pada plak khusus, ukiran jelas tidak dapat digunakan pada kertas biasa, sehingga prosesnya tidak praktis, sulit dan mahal.

Teknik lain cetak tanpa tinta yaitu teknik Hotprint atau Poly Emboss. Teknik Hotprint atau Poly Emboss adalah suatu teknik untuk memberikan bentuk permukaan kertas menonjol. Bukan sekedar kesan menonjol, tetapi memang benar-benar menonjol.  Mesin Hot Print atau Mesin Hot Stamping Foil  umumnya digunakan oleh kalangan Industri percetakan, untuk mencetak dengan efek warna emas, silver atau sejenisnya pada permukaan kertas atau karton seperti teks undangan, teks nam, kop surat, kartu nama, dan sejenisnya. Selain itu bisa untuk mencetak numerator timbul pada ID Card.

Memiliki ciri khas serta karakteristik yang unik inilah yang biasanya kemudian menjadi keunggulan tersendiri apabila menggunakan Mesin Hot Print atau Mesin Hot Stamping Foil ini, membuatnya semakin memiliki nilai seni yang mendalam dan elegant.

Baca juga :  Manfaat Memiliki Mesin Foil Emboss Untuk Dunia Percetakan

mesin hot print

Berbagai  Mesin Hot Print atau Mesin Hot Stamping Foil dengan kelebihan serta keunggulan yang dimilikinya ini mampu memberikan fungsi serta kegunaan yang sangat berarti. selain berfungsi mencetak foil yang akan memberikan efek tonjolan dan warna-warna khusus, mesin ini sekaligus dapat berfungsi untuk proses pencetakan emboss yang memberikan efek menonjol pada permukaan media dan sekaligus bisa memberikan efek warna dengan kata lain penggabungan teknik emboss dan hot print sekaligus dalam satu kali. Teknologi ini sangat memungkinkan anda untuk mencetak secara mudah dan murah tanpa setetes tinta.