MONSTERMAC.ID- Pada saat mengerjakan sebuah karya, Memilih font merupakan sebuah tahap yang tidak sulit namun kerap kali memakan waktu. Hal itu disebabkan banyak pertimbangan saat kita menentukan jenis font yang tepat untuk desain kita, terlebih lagi dengan semakin banyaknya tempat yang menyediakan font gratis di luar sana. Berikut ini 7 Cara memilih jenis jenis huruf font yang baik untuk desain anda yang bisa diterapkan disetiap karya yang Anda buat.

1. Tentukan Karakter Yang Ingin Dibangun Saat Memilih Font

Hal yang pertama dapat Anda lakukan dalam memilih jenis font adalah menentukan karakter dari desain yang sedang Anda kerjakan, apakah itu bergaya friendly, cerdas atau elegan. Hal itu dapat dibantu dengan menggunakan mood board yang dibatasi antara 3 sampai 5 style yang dapat dipilih nantinya.

Sementara desain yang elegan biasanya menggunakan font yang kaku dan huruf kapital (full caps). Sedang desain yang friendly akan lebih diwakili dengan font yang membulat (rounded),

2. Antara Gaya Visual dan Pesan Seimbangkan

Untuk memilih font harus mampu menyesuaikan antara gaya visual yang dimiliki font itu dengan isi pesan yang ingin disampaikan.

Pastikan Anda tidak menggunakan font yang “bermain-main” untuk pesan yang formal dan serius, dan juga tidak menggunakan font klasik pada desain yang ingin menyampaikan nuansa futuristik.

3. Pikirkan Fungsinya

Selain bentuk dan tampilan, dalam mendesain kita juga perlu memikirkan fungsinya itu sendiri. Ada jenis font yang bisa membantu mengisi desain Anda yang kosong atau minimalis, sementara ada juga font yang tidak menambah bobot visual, sehingga tidak mengganggu ilustrasi atau foto yang tampil bersamanya.

4. Penyajian Font

Diera saat ini, terutama era Digital font yang unik sekalipun dapat disajikan secara online selama font tersebut memiliki versi web font-nya. Bagi Anda yang menginginkan penggunaan font secara seragam antara versi cetak dan online, maka Anda perlu mencari jenis font yang menyediakan versi desktop sekaligus webnya.

Jenis fotn seperti itu bisa Anda dapatkan di layanan Google Fonts dan Adobe Typekit.

5. Ikuti Tren dan Perkembangan

Sebagai seorang desainer, Anda perlu mengikuti tren dan perkembangan yang ada. Bisa juga mengikuti sejumlah akun media sosial milik produsen font populer seperti Hoefler & Co, Font Bureau dan Commercial Type ikuti hashtag berbau tipografi. Anda juga dapat mengunjungi situs atau blog yang membahas masalah tipografi.

6. Uji Coba Yang Mendalam

Agar font yang Anda gunakan benar-benar relevan dengan desain yang Anda buat, tidak ada salahnya jika Anda melakukan uji coba yang teliti dan mendalam dengan mengkombinasikan ukuran hingga spacing di dalamnya. Coba semua ketebalan huruf yang bisa digunakan, lalu perhatikan pengaruhnya terhadap desain Anda.

7. Pasangkan Secara Bijak

Pada desain yang menggunakan lebih dari satu huruf, mulailah dengan memastikan tujuan yang ingin dicapai. Apakah Anda menginginkan harmoni atau justru perbedaan yang tegas (contrast) di antaranya? Berhati-hatilah dalam memadukan sejumlah jenis font, pastikan kesemuanya itu memiliki perannya masing-masing, tidak saling mengganggu dan juga tidak terlalu mirip.

Baca Juga :

          *  Gak Salah Loh..!!! Mencoba Peruntungan Usaha Cetak Timbul dengan Teknik Emboss