Embossing atau pengecapan banyak kita jumpai diberbagai tempat. Proses embossing digunakan untuk memberikan identitas, merk atau logo dari sebuah produk, proses ini digunakan karena umur atau tingkat keawetannya tergolong sangat lama. Beberapa contoh penerapan proses embossing adalah pada jok mobil, helm,plat baja, dan juga pembuatan aksesorisbuatan seperti daun tiruan untuk pembuatan bunga hias. Beberapa dari proses embossing tersebut membutuhkan proses pemanasan, yang sering disebut hotpress, untuk mendapatkan hasil yangsesuai. Proses hotpress banyak digunakan untuk embossing pada kulit imitasi (coverjok mobil), Helm, daun tiruan, dan jugasandal.

Untuk mempermudah semua pekerjan itu maka dibuatlah sebuah alat yaitu Mesin Emboss Logo. Mesin Emboss Logo  berfungsi untuk mencetak, mengembos, stamping merek atau logo pada sole, bahan karet PVC atau bahan kulit. Dengan bantuan plat emboss/matress custom, mesin yang menggunakan sistem pemanas ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi seperti merek sepatu, sandal, celana, baju, tas, tali pinggang, dll.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Apa itu Emboss & Deboss Dalam Dunia Percetakan

Mesin emboss memiliki keunggulan dan kemudahan untuk segala macam pengembosan sesuai dengan kebutuhan seperti produk-produk kerajinan tangan dan handicraft. Selain itu Mesin Emboos mudah dalam perawatannya. Tidaklah sulit. Dan bisa menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Pantas saja kalau Mesin ini banyak dipakai oleh para produsen produk di Indonesia yang bertujuan untuk menghemat waktu pada pengerjaannya dan dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja