Seni Emboss atau dikenal dengan lukisan berbahan dasar plat logam atau aluminium, biasanya dari plat logam tipis atau kuningan. Gambar yang dihasilkannya pun dari karya seni ini bermacam-macam; mulai dari bentuk corak binatang, kaligrafi, logo/lambang dan jenis realis.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat seni emboss sangat mudah ditemukan, seperti plat, pensil, batang sumpit/kayu telah disesuaikan dengan kebutuhan. Sekarang plat kuningan mahal harganya. Teknik pembuatannya dengan teknik menggores dan taping bagian atas/permukaan ataupun bawah/belakang sehingga akan timbul relief.

Baca Juga: Istilah Hotprint Emboss Dalam Pembuatan Undangan Pernikahan

Hasil gambar seni relief yang dituangkan dalam media plat logam atau kuningan ini cukup menyenangkan apabila dikerjakan, karena disamping membutuhkan aspek skill dan bakat dari seorang seniman, kesabaran dan kehati-hatian pun sangat dibutuhkan dalam proses pengerjaannya. Dalam proses mengerjakan dibutuhkan beberapa hari tergantung tingkat kesulitan.

Cara pembuatannya:

  1. Letakan pola diatas spon/dakron, jiplak pola dengan menggunakan bolpoin kosong dan dijepit dengan penjepit kertas supaya tidak bergerak.
  2. Setelah dijiplak, gosok dari arah belakang dengan memakai butsir sampai timbul.
  3. Tekan kembali bekas tekanan awal dari depan.
  4. Kemudian bagian luar pola di paku paku kecil tetapi tidak sampai timbul supaya membentuk tekstur.
  5. Setelah selesai, kemudian di figura.

Sumber: sanggarkalenk.blogspot.com