MONSTERMAC.ID – Bisnis percetakan adalah salah satu jenis usaha yang cukup potensial mendatangkan keuntungan. Ada beragam pilihan percetakan yang bisa anda kerjakan, di antaranya cetak spanduk, baliho, cetak kartu undangan, percetakan kartu nama, hingga cetak digital pada usaha konveksi.

Selain percetakan yang memakai tenik digital, ternyata ada juga percetakan yang memakai teknik simple dan tidak memerlukan keahlian  khusus dalam pengunaannya, yaitu percetakan emboss. percetakan emboss memproduksi barang-barang yang bernuansa tiga dimensi (3D), yakni percetakan timbul atau umum disebut cetak emboss. Bagaimanakah memulai bisnis percetakan emboss ini? Berikut  Kami akan coba menjelaskannya.

1. Menentukan Jenis Bahan Produk yang Akan Dipakai

cetak emboss

Ada berbagai jenis bahan yang biasa dipakai untuk menciptakan produk yang permukaannya berbentuk timbul (muncul). Beberapa diantaranya adalah kertas, kulit, plastik, dan plat logam. Untuk metaemilih jenis bahan cetak emboss yang akan gunakan dalam pembuatan produk cetak anda, sebaiknya dipertimbangkan berdasarkan faktor-faktor berikut, yakni ketersediaan bahan yang mudah didapat, model produk yang akan anda buat, dan potensi pangsa pasar di wilayah anda. Contoh produk yang merupakan hasil embossing antara lain:

berbahan kertas misalnya kartu undangan perkawinan, ijazah, lukisan atau gambar cetak timbul, poster, dan sebagainya.

berbahan plastik misanya id card, sticker, sampul buku dan lainnya.

berbahan kulit misalnya dompet, tas, ikat pinggang, sarung ponsel, jaket kulit, dan lainnya.

berbahan karet misalnya kondom hp, sandal, masker karet emboss, gelang tangan, dan lainnya.

berbahan plat logam misalnya hiasan daun pintu, pigura foto, alas pada motor matic, dan sebagainya.

bahan-bahan lainnya

Memilih model dan jenis produk cetak emboss yang tepat sesuai dengan pangsa pasar di wilayah anda akan menentukan kesuksesan bisnis percetakan ini. Jadi, lakukanlah analisa yang mendalam untuk memutuskan hal tersebut.

2. Mempersiapkan Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan

cetak emboss   cetak emboss  

Setelah anda memilih dan menentukan produk-produk yang akan anda buat, maka anda lanjut pada tahap kedua ini, yakni membeli dan mempersiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan.

Peralatan utama yang anda harus disiapkan adalah mesin cetak emboss yang jenisnya disesuaikan dengan produk cetak yang akan dibuat. Demikian juga dengan bahan-bahannya. Misalnya mesin hot print emboss pond yang banyak digunakan untuk mencetak huruf timbul dan memberikan sentuhan akhir berupa warna emas, silver, metalik pada id card dan ijazah. Harga sebuah mesin embossing di pasaran sangat bervariasi, termurah sekitar 3-15 juta rupiah, tergantung spesifikasinya.

Baca juga : Kini Buat ID Card Menjadi Lebih Mudah dengan Mesin Emboss

3. Ciptakan Produk Inovatif serta Lakukan Promosi Usaha

cetak emboss

Ada dua cara untuk menghasilkan uang dalam bisnis percetakan timbul ini, yakni pertama adalah dengan memproduksi sendiri benda-benda cetak emboss yang kreatif, seperti dompet unik dan masker bagi pemotor. Sementara cara kedua adalah dengan menerima pesanan dari pihak lain untuk mencetakkan produk dengan mesin cetak emboss anda, misalnya membuatkan pesanan kartu undangan perkawinan dan kartu bisnis.

Agar cepat mendatangkan keuntungan, lakukan promosi dan penawaran-penawaran yang menarik. Promosi bisa anda lakukan lewat mulut ke mulut, facebook, pasang iklan, dan sebagainya atau ikuti panduan cara berpromosi gratis di sini! Salam kerja & usaha!!! Gambar: aboverubiesstudio.com; china-gaopinji.com; theembosser.